Target Perdagangan Naik USD 80 Miliar

Target Perdagangan Naik USD 80 Miliar
Target Perdagangan Naik USD 80 Miliar
JAKARTA - Pemerintah Indonesia-Tiongkok sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 80 miliar pada 2015 nanti. Kesepakatan itu menguat setelah realisasi perdagangan kedua negara mencapai USD 36 miliar pada 2010 lalu. Apalagi, Tiongkok berkomitmen menaikkan impor dari Indonesia, sehingga ke depan neraca perdagangan bisa seimbang.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan ada keinginan untuk meningkatkan kerjasama bilateral dari kedua negara dalam pertemuan dengan Menteri Perdagangan Tiongkok. "Semula target 2014 perdagangan bilateral ditargetkan USD 50 miliar. Kemudian Indonesia dan RRT sepakat menaikkan target jadi USD 80 miliar pada 2015," katanya pekan lalu.

Tidak saja sepakat menaikkan nilai perdagangan, pihaknya juga menandatangani Agreement on Expanding and Deepening Bilateral Economic and Trade Cooperation dengan Tiongkok. Sebab, seperti diketahui Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan Tiongkok. Karena itu, pihaknya menginginkan ada peningkatan impor oleh Tiongkok.

"Selama lima tahun terakhir ada ketidakseimbangan perdagangan Indonesia-RRT. Untuk itu, Indonesia mengharapkan RRT memperbesar impor dari Indonesia," ucap dia.

JAKARTA - Pemerintah Indonesia-Tiongkok sepakat untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 80 miliar pada 2015 nanti. Kesepakatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News