Target Produksi 3,7 Juta Ton Padi

Target Produksi 3,7 Juta Ton Padi
Target Produksi 3,7 Juta Ton Padi
PALEMBANG – Di tahun ini, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura provinsi Sumsel menargetkan produksi padi sekitar 3,7 juta ton. Ada beberapa strategi yang akan dilakukan agar target produksi tersebut tercapai.

“Salah satunya, kita akan melakukan peningkatan intensitas pertanaman. Lahan yang biasa satu kali tanam akan diupayakan menjadi dua kali tanam,” kata Kabid Produksi dan Tanaman Pangan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumsel, Ir Ilfantria MM, Selasa (8/1).

Secara nasional, produktivitas per hektar mencapai 51 kuintal. Sedangkan di Sumsel hanya 44,20 kuintal per hektar. ”Kita akan upayakan naik jadi 44,99 kuintal per hektar,”cetusnya.

Upaya ini didukung dengan usaha mengamankan hasil produksi padi dari serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan dampak perubahan iklim (DPI) serta menekan kehilangan/susut hasil panen. Selain itu, ada penyediaan sarana dan prasarana (pra tanam, tanam dan pasca panen) serta penguatan kelembagaan, dukungan pembiayaan  dan melakukan pertanaman tumpang sari pada areal replanting/ peremajaan perkebunan maupun kawasan hutan tanaman industri (HTI) yang baru dibuka.

PALEMBANG – Di tahun ini, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura provinsi Sumsel menargetkan produksi padi sekitar 3,7 juta ton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News