Targetkan Jeruk Malang Kalahkan Buah Impor dari Thailand

Targetkan Jeruk Malang Kalahkan Buah Impor dari Thailand
Mentan Amran Sulaiman di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika Malang. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, BATU - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong wilayah Malang dan sekitarnya sebagai sentra jeruk di Indonesia.

Dalam hal ini, Mentan menargetkan kualitas jeruk di Malang bisa dikembangkan untuk mengalahkan buah jeruk impor yang banyak beredar di pasaran Indonesia. Terutama jeruk impor dari Thailand.

"Kita kalahkan (buah impor). Kita nanti bagaimana ke depan mengekspor. Ini potensi kita luar biasa, lihat iklimnya, segar seperti ini. Ini cocok untuk jeruk," tegas Menteri Amran saat berkunjung Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yang terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

Untuk mewujudkan itu, Kementerian Pertanian (Kementan) akan fokus meningkatkan kualitas dan produksi jeruk melalui Balitjestro tersebut.

Salah satunya dengan mendistribusikan bibit jeruk gratis kepada masyarakat.

"Kami minta jeruk ini didistribusi satu juta batang. Mulai bulan April. Gratis untuk masyarakat," imbuhnya.

Agar efektif dan sesuai dengan tujuan, Amran menyatakan bahwa distribusi tersebut diintegrasikan dengan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).

Program tersebut merupakan upaya pengentasan kemiskinan berbasis pada bantuan produktif bidang pertanian.

Mentan Amran Sulaiman meminta Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika membagikan bibit jeruk kualitas bagus gratis pada masyarakat agar dikembangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News