Tarif Air Bersih Jakarta Paling Mahal di Asia

Pemerintah Pusat Wajib Ikut Benahi

Tarif Air Bersih Jakarta Paling Mahal di Asia
Tarif Air Bersih Jakarta Paling Mahal di Asia
TIDAK banyak yang menyadari jika tarif air bersih di Jakarta saat ini berada di urutan nomor satu paling mahal dibandingkan kota-kota besar di Asia. Rata-rata, tarif air di Jakarta per meter kubik paling tinggi berada pada titik Rp 14.650. Rata-rata tarif air terendah per meter kubik ada pada titik Rp 1.050. Angka rata-rata tersebut jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan tarif serupa di kota Bangkok, Kuala Lumpur, Manila dan Singapura.

"Tarif air Jakarta pada 2010 menjadi yang termahal di Asia. Walaupun termahal, kualitas air Jakarta tidak lebih baik dari Hanoi di Vietnam," terang Anggota Dewan Sumber Daya Air Jakarta Firdaus Ali kepada INDOPOS (JPNN Grup). Menurutnya, tarif air yang mahal berdampak pada rentannya ketahanan air bagi Jakarta. Artinya, krisis air sudah menjadi ancaman di depan mata yang bisa merepotkan Jakarta sewaktu-waktu.

Akademisi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini menambahkan, permasalahan air di Jakarta sudah memburuk sejak 13 tahun lalu. Harga mahal air Jakarta juga tidak sebanding dengan kualitas layanan yang memadai. Firdaus menyebut, kebijakan melibatkan swasta dalam pengelolaan air bersih di Jakarta terbukti tidak efektif. "Itu sebuah kecelakaan saat pemerintah mengawinkan perusahaan air minum dengan swasta," beber Firdaus.

Keterlibatan swasta yang sampai saat ini belum juga menunjukkan manfaat besar dalam pengelolaan air dinilai sebagai sebuah kebijakan tidak tepat mengingat ancaman krisis air tetap saja terjadi. "Pemerintah pusat harus turun tangan membantu Jakarta menyelesaikan ancaman krisis air ini. Tidak bisa Jakarta dibiarkan sendirian menyelesaikannya. Masalah ini tidak akan selesai oleh siapapun gubernur yang memimpin Jakarta," tandas akademisi berkacamata ini serius.

TIDAK banyak yang menyadari jika tarif air bersih di Jakarta saat ini berada di urutan nomor satu paling mahal dibandingkan kota-kota besar di Asia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News