Tarik Dubes RI Untuk Therapi Kejut

Tarik Dubes RI Untuk Therapi Kejut
Tarik Dubes RI Untuk Therapi Kejut
JAKARTA – Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indira Samego, mengatakan bahwa Pemerintah Malaysia perlu diberi terapi kejut atau shock therapy terkait ketegangan yang terjadi akhir-akhir ini dengan Indonesia. Indira beranggapan, terapi kejut harus dilakukan pemerintah Indonesia sebagai peringatan kepada pemerintah Malaysia.

Cara pemberian terapi kejut itu bisa dengan menarik Duta Besar Indonesia untuk Malaysia. “Penarikan (Dubes) bisa shock teraphy, tapi harus ada tindak lanjut yang dilakukan Pemerintah Indonesia, jangan hanya panas-panas tai ayam karena ada kasus ini tapi harus reaktif dan terus dilakukan diplomasi,” kata Samego di sela-sela diskusi di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (27/8).

Yang terpenting juga, kata Samego, Menlu Marty Natalegawa harus lebih pro aktif untuk menyelesaikan masalah. Insiden penangkapan tiga pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau oleh aparat Malaysia, diperkirakan Samego sangat mungkin terulang di masa mendatang.

“Bukan hanya karena pegawai DKP ditangkap, tetapi di masa depan akan muncul persoalan baru. Artinya Menlu kita harus mengerahkan diplomat kita untuk bekerja, terutama di Malaysia,” ujarnya.

JAKARTA – Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indira Samego, mengatakan bahwa Pemerintah Malaysia perlu diberi terapi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News