Menhan Malaysia Curigai Adanya Pihak Ketiga

Pemuda BN Johor Baharu Lontarkan Kutukan

Menhan Malaysia Curigai Adanya Pihak Ketiga
Menhan Malaysia Curigai Adanya Pihak Ketiga
BAGAN DATOH - Hubungan antara Indonesia dan Malaysia belakangan terus memanas, terutama pasca masalah penangkapan nelayan Malaysia oleh aparat RI dan sebaliknya aksi penahanan tiga petugas KKP Indonesia oleh Malaysia. Sehubungan dengan itu, salah seorang pejabat pemerintah Malaysia melontarkan dugaan, adanya kemungkinan pihak ketiga yang terlibat dalam perkembangan krisis ini.

Hal tersebut setidaknya sebagaimana diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Dato Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi, seperti dikutip oleh situs berita Bernama, Kamis (26/8) malam. Menurut Zahid Hamidi, aksi protes terhadap Malaysia yang dilakukan oleh sekelompok orang Indonesia (khususnya aktivis Bendera, Red) di Jakarta, bisa jadi dirancang atau diotaki oleh kelompok tertentu yang tak ingin kedua negara (RI dan Malaysia) memiliki hubungan dekat.

"Saya khawatir, bahwa ada pihak ketiga yang memiliki kepentingan-kepentingan tersendiri, apakah itu di Malaysia maupun di Indonesia, yang mencoba mengambil keuntungan dari situasi ini, untuk tujuan politik maupun bisnis," ungkap sang Menteri Pertahanan.

Zahid Hamidi pun menyebutkan, bahwa tindakan dari kelompok (demonstran) serta ancaman yang diarahkan pada lembaga-lembaga yang berasal dari Malaysia, seperti seruan angkat kaki dari Indonesia kepada CIMB Niaga dan Petronas, tidak lebih dari upaya provokatif. Artinya, perkembangan situasi dengan segala ancaman sweeping dan sebagainya itu menurutnya, lebih sebagai upaya memperkeruh keadaan semata.

BAGAN DATOH - Hubungan antara Indonesia dan Malaysia belakangan terus memanas, terutama pasca masalah penangkapan nelayan Malaysia oleh aparat RI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News