Taslim: Intervensi Politik Bikin SBY Peragu

Taslim: Intervensi Politik Bikin SBY Peragu
Taslim: Intervensi Politik Bikin SBY Peragu
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, HM Taslim mengatakan salah satu penyebab utama keraguan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menegakkan hukum di negeri ini justru karena kuatnya intervensi politik terhadap berbagai kasus hukum yang menimpa elit politik.

"Proses penegakan hukum di Indonesia sarat dengan intervensi elit politik. Prilaku elit politik itu sangat dominan mempengaruhi presiden dalam mendorong tegaknya supremasi hukum di negeri yang berlandaskan hukum ini," kata Taslim, dalam dialog kenegaraan bertajuk Evaluasi Penegakan Hukum 2010 di Gedung DPD RI, Rabu (15/12). Diskusi juga menghadirkan Wakil Ketua DPD RI Laode Ida, pakar hukum tata negara, Margarito Kamis dan pengamat hukum Jazuni.

Salah satu jalan untuk melakukan perubahan secara signifikan, lanjut politisi Partai PAN itu adalah menghapuskan kepentingan partai politik dalam konteks penegakkan hukum. Kalau itu tidak dilakukan, presiden akan tetap dalam posisi keraguan dan tidak akan punya keberanian untuk bersikap tegas.

Langkah lainnya yang juga perlu diakomodasi untuk penegakkan hukum, tambah anggota DPR asal Sumbar itu, adalah keberanian untuk merevolusi hukum.

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, HM Taslim mengatakan salah satu penyebab utama keraguan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menegakkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News