Taspen Kelola Dana Pensiun Rp 54 Triliun

Taspen Kelola Dana Pensiun Rp 54 Triliun
Taspen Kelola Dana Pensiun Rp 54 Triliun
JAKARTA - Dana pensiun yang dikelola PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) ternyata sangat besar. Dari total anggaran Rp 54 triliun per tahun, 40 persennya dibayarkan lewat PT Pos Indonesia, 40 persen lagi BRI, dan sisanya oleh bank lain.

"Pensiunan dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat. Setahun rata-rata pertambahannya 100 ribu orang. Sekarang jumlah total yang kita layani sekitar 2,7 juta orang, per bulan kita bayar Rp 3,7 triliun," ujar Direktur Utama PT Taspen Agus Haryanto di sela peluncuran Tabungan Batara Pensiunan kemarin.

Agus mengatakan, Taspen merupakan perusahaan yang ditugasi pemerintah untuk mengelola program pensiun dan tabungan hari tua para pegawai negeri sipil (PNS). Mengenai besaran nilai gaji pensiunan, dia mengaku tidak bisa turut campur karena itu merupakan urusan pemerintah. "Kita hanya bertugas menyempurnakan pelayanan kepada stakeholder, yaitu PNS aktif atau pensiunan," tegasnya.

Dia menceritakan, bahwa dalam beberapa tahun terakhir PT Taspen terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada para pensiunan. Misalnya, dari sisi admisnitrasi dulu pensiunan perlu menandatangani hingga 20-an formulir. Sekarang pensiunan cukup menandatangani dua formulir. "Dua lembar itu cukup karena kita telah ciptakan sistim duplikasi," sebutnya.

JAKARTA - Dana pensiun yang dikelola PT Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) ternyata sangat besar. Dari total anggaran Rp 54 triliun per

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News