Tawar Peserta Latsar CPNS Magang Bersamanya, Pak Ganjar: Siap jadi Babu Rakyat?

Tawar Peserta Latsar CPNS Magang Bersamanya, Pak Ganjar: Siap jadi Babu Rakyat?
Gubernur Ganjar Pranowo saat memimpin latsar CPNS. Foto: Instagram Ganjar Pranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menawarkan peserta Latihan Dasar CPNS Kabupaten Kota Tahun 2021 untuk magang bersamanya. Tawaran langka ini dibuka oleh Ganjar untuk 5-10 CPNS di Kabupaten Kota.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat memberikan materi jam pimpinan via zoom pada acara Latsar CPNS Kabupaten Kota tahun 2021, di rumah dinasnya, Kamis (25/2). Ganjar mengatakan bila menjadi PNS maka harus siap jadi pelayan rakyat.

"Teman-teman selamat datang, anda akan bergaul dengan sistem yang tidak mudah. Maka dalam sebuah organisasi perlu kiranya teman-teman punya satu cita-cita, punya visi dan setting agenda," ucap Ganjar usai membuka Latsar CPNS secara daring.

Dalam kesempatan itu, Ganjar sempat berinteraksi dengan para peserta Latsar melalui forum chat. Ganjar bertanya, apa saja persoalan yang menyebalkan berkaitan dengan pemerintahan.

"Birokrasi lambat, korupsi, lelet, jam karet, gratifikasi, pungli. keren-keren-keren. Nah sekarang pertanyaan saya, kira-kira kalau kamu sudah jadi PNS, apa sih yang akan kamu lakukan setelah kamu menulis persoalanmu sendiri?," ucap Ganjar.

Ganjar kemudian menceritakan bahwa dalam masa kepemimpinannya, tak sedikit pejabat eselon yang dipecat karena berkaitan dengan persoalan-persoalan tersebut.

Ganjar berharap ketika kelak dikemudian hari dihadapkan dengan persoalan tersebut, maka para CPNS akan mempertahankan spiritnya.

"Mumpung anda baru mulai masuk, tanamlah dan peganglah dengan konsisten (visinya). Siap jadi babunya rakyat? apakah anda siap diinjak-injak oleh rakyat? apakah anda semua siap untuk dikritik oleh rakyat? anda dicaci maki oleh rakyat?," tegas Ganjar.

Gubernur Ganjar Pranowo memberikan materi jam pimpinan via zoom pada acara Latsar CPNS kabupaten kota tahun 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News