TB Sekawan 5 Tenggelam Dihantam Ombak, Kru Selamat

TB Sekawan 5 Tenggelam Dihantam Ombak, Kru Selamat
Tug Boat (TB) Sekawan 5, tenggelam di perairan Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin. FOTO:QUATA AKDA/SUMATERA EKSPRES

jpnn.com, PALEMBANG - Sebuah kapal Tug Boat (TB) Sekawan 5 tenggelam di perairan Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Kamis (11/1) sekitar pukul 12.15 WIB.

Dua kru TB Sekawan 5, Rizal (nakhoda) dan Saidi (ABK), berhasil diselamatkan personel Sat Polairud Polres Banyuasin.

Kapolres Banyuasin, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem menjelaskan, kejadian bermula ketika TB Sekawan 5 yang menarik Tongkang Sekawan 12 berangkat dari Palembang menuju Muara Sugihan untuk bongkar muat bubur kertas di kapal Tong Zing.

Tiba di perairan Muara Sugihan, Tongkang Sekawan 12 bersandar di kapal Tong Zing dalam posisi aman. Proses bongkar muat itu sendiri diawasi Saidi.

“Sedangkan Rizal, bermaksud kembali ke Kampung Nelayan Desa Muara Sugihan membawa TB Sekawan 5 untuk menjemput karyawan bongkar muat,” ujar Yudhi.

Saat dalam perjalanan kembali ke perairan, lanjutnya, TB Sekawan 5 dihantam ombak dari samping dan Rizal berusaha agar TB Sekawan 5 bisa mendekati tongkang Sekawan 12. Namun, tali towing TB Sekawan 5 putus.

“Air lalu masuk dari buritan sehingga TB Sekawan 5 tidak dapat dikendalikan lagi. Lalu, tenggelam ke laut secara keseluruhan,” lanjutnya.

Saat TB Sekawan 5 akan tenggelam, sambungnya, sempat dilihat TB Mili One. Namun, TB Sekawan 5 tidak dapat diselamatkan. Selain itu, TB Mili One memberi pertolongan pada ABK dan nakhoda. Juga membantu menarik tongkang Sekawan 12.

Sebuah kapal Tug Boat (TB) Sekawan 5 tenggelam di perairan Muara Sugihan, Kabupaten Banyuasin, Kamis (11/1) sekitar pukul 12.15 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News