TBI Targetkan Raup Dana USD200 Juta

Tawar 755 Juta Saham Baru Tower Telekomunikasi

TBI Targetkan Raup Dana USD200 Juta
INVESTASI- Chief Operation Officer TBI, Herman Setya Budi (kedua dari kiri) bersama direksi PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBI). Foto: Agus Srimudin/JPNN
JAKARTA - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBI) menargetkan meraup dana USD 200 juta dari penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) setelah perusahaan tersebut memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK. IPO kali ini, TBI menawarkan 755 juta saham baru kepada publik dengan kisaran harga penawaran Rp1.675 hingga Rp2.100 per saham. PT UBS Securities Indonesia dan PT Indo Premier Securities selaku penjamin pelaksana emisi saham menyatakan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap keseluruhan saham yang akan ditawarkan oleh TBI.

“Di samping penawaran saham baru, juga dilakukan skema penjatahan lebih (greenshoe) sebanyak 113.250.000 saham TBI yang dimiliki oleh sebagian pemegang saham TBI. Selain itu, juga dilakukan penawaran terbatas (private placement) atas sahamnya,” ungkap Chief Operation Officer TBI, Herman Setya Budi, didampingi jajaran Direksi TBI, dalam public expose di Ballroom Ritz Carlton, Pasific Place SCBD, Jakarta, Senin (28/9). 

Herman mengatakan, dengan rencana IPO dan penawaran terbatas ini, TBI dan pemegang saham menargetkan perolehan dana sekitar USD 200 juta. Dana yang diperoleh dari IPO saham akan digunakan untuk memacu pertumbuhan portofolio tower milik TBI, baik melalui akuisisi maupun melalui pembangunan tower baru. “Saat ini, TBI sudah memiliki kerjasama dengan seluruh operator telekomunikasi,” katanya.

Dia mengatakan, due diligence meeting (DDM) dan paparan publik (public expose) dilakukan TBI bersama kedua penjamin pelaksana emisi saham sebagai bagian dari masa penawaran awal (bookbuilding) dalam proses IPO saham, yang dilaksanakan untuk penjajakan minat awal dari para calon investor, baik retail maupun institusi, serta calon penjamin emisi saham. Proses bookbuilding akan berlangsung sejak 27 September hingga 7 Oktober, dengan masa penawaran umum saham 18-20 Oktober. Pihaknya sudah menjadwal target pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 26 Oktober 2010.

JAKARTA - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBI) menargetkan meraup dana USD 200 juta dari penawaran saham perdana atau initial public offering

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News