TDL Naik, Asumsi APBN-P Pasti Berubah

Menkeu: Inflasi Bakal Tetap Terjaga

TDL Naik, Asumsi APBN-P Pasti Berubah
TDL Naik, Asumsi APBN-P Pasti Berubah
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Radjasa, kepada wartawan, Jumat (19/3), mengatakan bahwa asumsi pada APBN-P 2010 dipastikan akan berubah dari asumsi semula, bila Tarif Dasar Listrik (TDL) jadi dinaikkan. Namun demikian, Hatta masih enggan memastikan berapa besaran TDL yang akan naik. Alasannya, kenaikan TDL dan besaran perubahan asumsi dalam APBN-P 2010 itu, masih akan dibahas oleh pemerintah bersama dengan DPR RI.

"Kita akan segera bahas kembali dengan dewan. Karena di APBN-P akan ada beberapa asumsi makro yang berubah, karena kenaikan TDL dan meningkatnya beberapa subsidi lainnya dari pemerintah. Kenaikan harga minyak dunia juga turut mempengaruhi. Besaran kenaikan atau perubahan masih kita bahas dengan dewan," kata Hatta.

Sementara itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, meskipun TDL akhirnya jadi dinaikkan, pemerintah akan tetap optimis bahwa inflasi akan tetap terjaga. Hal tersebut katanya, karena kondisi nilai tukar rupiah yang saat ini semakin kuat terhadap dolar, serta kondisi moneter yang kian stabil.

Terlebih lagi, lanjut Sri, inflasi yang mengalami kenaikan dari 5 persen menjadi 5,7 persen yang ditetapkan pemerintah, telah pula memperhitungkan rencana kenaikan TDL sebesar 15 persen oleh pemerintah. "Itulah nanti yang akan terus kita jaga. Kita akan ajukan ke DPR," katanya.

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Hatta Radjasa, kepada wartawan, Jumat (19/3), mengatakan bahwa asumsi pada APBN-P 2010 dipastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News