Tega Banget ya, Benturkan Bu Mega dengan Umat Muslim

Tega Banget ya, Benturkan Bu Mega dengan Umat Muslim
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah blog, yang diduga dibuat orang yang sama, menyebarkan hoaks terkait pengesahan Perppu Ormas menjadi undang-undang.

Isinya mencatut nama Presiden Ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Mega dibenturkan dengan umat muslim lewat sebuah tulisan berjudul Megawati: Partai Kami Tidak Khawatir Sedikit pun Kehilangan Pemilih Muslim meski Partai Kami Telah Mendukung UU Ormas.

Tulisan itu diturunkan beberapa blog. Salah satunya adalah reportase-today.blogspot.com. Berita tersebut dibuat pada 28 Oktober 2017.

Artikel itu 100 persen clickbait. Judulnya tidak sesuai dengan isinya. Tidak ada statement apa pun dari Megawati terkait dengan UU Ormas. Yang ada hanyalah statement Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Berdasar penelusuran Jawa Pos, artikel yang dibuat blog reportase-today berasal dari portal berita Tempo.co. Judulnya, Alasan PDIP Mengapa Mendukung Perppu Ormas.

Isi berita yang diturunkan Tempo.co sama persis dengan artikel yang dibuat blog reportase-today. Sama-sama tidak ada statement dari Megawati.

Entah takut ’’tercyduk’’ atau alasan lain, kini blog reportase-today sudah tidak bisa diakses. Namun, jejaknya di cache Google search masih ada.

Judulnya tidak sesuai dengan isinya. Tidak ada statement apa pun dari Megawati terkait dengan UU Ormas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News