Tegang! Biksu Hendak Dibekuk, Aparat Diadang Ribuan Umat

Tegang! Biksu Hendak Dibekuk, Aparat Diadang Ribuan Umat
Umat meditasi di depan Kuil Wat Phra Dhammakaya di Distrik Khlong Luang, Provinsi Pathum Thani. Foto: Nicolas Asfouri/AFP

jpnn.com - BANGKOK – Para aparat dari Departemen Investigasi Khusus (DSI) Thailand harus balik badan dari Kuil Wat Phra Dhammakaya di Distrik Khlong Luang, Provinsi Pathum Thani.

Kemarin (16/6) mereka datang sekitar pukul 09.00 waktu setempat untuk menggeledah kuil tersebut dan menangkap kepala biara, yaitu Phra Dhammachayo, 72. Namun, aksi itu dihentikan umat Buddha yang bermeditasi di tengah jalan menuju kuil. 

Dhammachayo diduga terlibat aksi pencucian uang dari penjahat kelas kakap. Kuil itu memang memiliki aliran dana yang sangat deras dan terkenal kaya raya jika dibandingkan dengan kuil lain. Namun, para biksu dan umat Buddha yang mendukung Dhammachayo tidak terima dan berusaha menghalangi. Ketika datang untuk menemui Dhammachayo, petugas tak bisa masuk. Jalanan menuju kuil itu telah diblokade dengan beberapa lapisan. 

Di bagian depan, ada barikade mobil dan pagar besi. Halangan pertama berhasil disingkirkan setelah petugas menunjukkan surat perintah penahanan dan  pengeledahan dari pengadilan. 

Lapis kedua, petugas dihadapkan dengan ribuan umat Buddha yang bermeditasi di pelataran kuil yang terkenal dengan bentuknya yang mirip piring terbang alias UFO itu.  Dengan menggunakan baju putih-putih, ribuan orang tersebut tidak bergerak meski hujan turun. 

DSI, yang memiliki tugas setara dengan FBI di Amerika Serikat (AS), sudah beberapa bulan berusaha menanyai Dhammachayo soal tudingan bahwa dirinya telah menerima aliran dana 1,2 miliar baht (Rp 455,2 miliar) dari pemilik koperasi simpan pinjam yang tengah dipenjara. 

Perintah penggeledahan dari pengadilan baru turun kemarin. Berdasar surat tersebut, petugas memiliki otoritas untuk menggeledah seluruh gedung serta mencari dan menangkap Phra Dhammachayo. 

Sejak pagi, sekitar 600 polisi dari Provinsi Pathum Thani bersiaga untuk mendukung penggeledahan oleh DSI. Disiagakan pula lima truk pemadam kebakaran dan empat ambulans. Juga ada berbagai persiapan lain. 

BANGKOK – Para aparat dari Departemen Investigasi Khusus (DSI) Thailand harus balik badan dari Kuil Wat Phra Dhammakaya di Distrik Khlong Luang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News