TEI 2022 Dibuka, Pertamina Boyong 50 UMKM Siap Go Global, Mantap

TEI 2022 Dibuka, Pertamina Boyong 50 UMKM Siap Go Global, Mantap
Booth Kandora Coffee milik Arni Pabunga. Foto: Humas Pertamina

jpnn.com, SERPONG - Pertamina memboyong 50 mitra binaan ke ajang pameran dagang skala internasional terbesar di Indonesia Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 yang resmi dibuka Presiden RI Jokowi di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten.

Agenda ini mengusung tema Strengthening Global Trade for Stronger Recovery. Presiden Jokowi mengatakan di tengah krisis dan resesi di Indonesia, termasuk negara dengan pertumbuhan ekonomi yang paling tinggi di antara negara-negara G20, pertumbuhan ekonomi 5,44 persen pada kuartal kedua. 

"Kami harapkan Trade Expo Indonesia ke-37 mendorong surplus neraca perdagangan pada masa-masa mendatang," ucap Jokowi saat membuka Trade Expo Indonesia 2022, Nusantara Room, BSD, Rabu (19/10).

TEI digelar mulai 19-23 oktober 2022 dan menjadi ajang pertemuan bisnis untuk meningkatkan ekspor dalam negeri. Pertamina menetapkan target transaksi melebihi pencapaian 2019 sebesar Rp 7 miliar.

Beragam produk mitra binaan di booth Pertamina menjadi daya tarik para pengunjung, termasuk Presiden, yang singgah di booth Kandora Coffee milik Arni Pabunga, kopi asal Toraja Sulawesi Selatan yang diolah secara tradisional oleh tangan-tangan hebat perempuan Toraja.

Arni Pabunga mengungkapkan sudah ada lima negara yang memesan kopi Kandora Coffee dari Korea Selatan, Swiss, New Zealand, Belanda, dan Jepang. 

"Bagi penikmat kopi, mereka lebih paham bahwa cara mengolah kopi yang dilakukan secara tradisional akan memberikan cita rasa yang berbeda dan menghasilkan krim yang lebih banyak. Saya berharap pasar ekspor akan terbuka luas melalui ajang pameran TEI ini," ujar Arni.

Begitu juga dengan Evi, pemilik dari Sobag yang menjual Tas Tenun khas Indonesia. Dia bercerita bahwa tas tenun miliknya diproduksi handmade dan market ekspor dipilih tenun dengan motif yang memang stokis maksimal agar ketika ada pesanan dalam jumlah besar persediaan mencukupi. 

Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 resmi dibuka Presiden RI Jokowi. Pertamina membawa 50 mitra binaan ke ajang pameran dagang ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News