Tekan Kecurangan Seleksi CPNS, Gandeng ICW

Tekan Kecurangan Seleksi CPNS, Gandeng ICW
Tekan Kecurangan Seleksi CPNS, Gandeng ICW
JAKARTA -- Upaya peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak hanya dengan memperketat persyaratan rekrutmen. Pemerintah juga akan memperketat pengawasan pelaksaan seleksi penerimaan CPNS. Pasalnya, praktek curang penerimaan CPNS dari tahun ke tahun terus terjadi, yang diindikasikan melibatkan pejabat daerah.

Tak ingin kecolongan lagi, pemerintah pusat akan melibatkan LSM seperti Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Transparancy International Indoensia (TII). Tugas ICW dan TII akan difokuskan dalam pengawasan penerimaan CPNS. Mulai dari dibukanya lowongan sampai pengumuman hasil seleksi.

"Banyak sekali kecurangan yang melibatkan pejabat pembina kepegawaian. Itu sebabnya, ke depan dalam setiap rekrutmen CPNS akan kita libatkan LSM sebagai pengawas," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar dalam keterangan persnya, Minggu (15/1).

Dengan keterlibatan LSM ini, lanjutnya, diharapkan pelaksanaannya benar-benar transparan, obyektif, dan terhindar dari KKN. Polisi PAN ini juga meminta

kepala daerah untuk mengedepankan objektifitas dan kejujuran. Hasil tes yang sudah dilakukan perguruan tinggi negeri, jangan lagi dicampuri bupati atau walikota dengan memasukkan orang-orangnya.

JAKARTA -- Upaya peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak hanya dengan memperketat persyaratan rekrutmen. Pemerintah juga akan memperketat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News