Senin, 10 Desember 2018 – 12:11 WIB

Teknologi Ini Bisa Bangunkan Lahan Tidur di Indonesia

Selasa, 13 Maret 2018 – 23:44 WIB
Teknologi Ini Bisa Bangunkan Lahan Tidur di Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com, JAWA BARAT - Impian Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membangunkan lahan tidur di Indonesia sudah di depan mata.

Ini setelah ditemukannya teknologi asal Jepang, Sheet Pipe System yang selama ini dicari oleh Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur Budi Indra Setiawan.

Sheet Pipe System merupakan pipa polietilena yang ditanam dalam tanah untuk mengendalikan kadar air pada suatu lahan pertanian. Teknologi ini berguna untuk mengoptimalisasi lahan kering dan rawa.

Jam menunjukkan pukul 10.00. Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Kementan di Subang, Jawa Barat tampak sibuk. Mereka hendak melakukan uji coba teknologi Sheet Pipe System, yang diprediksi bakal membangunkan raksasa tidur di Indonesia.

Sejumlah elite Kementan, akademisi dan pelaku usaha pertanian berkumpul di sana. Ada juga dua perusahaan Jepang yang berkontribusi terhadap teknologi Sheet Pipe System yaitu KwouWa dan Japan International Cooperation Agency (JICA). Mereka semua berkumpul untuk melihat bagaimana instalasi dan cara teknologi itu bekerja.

Sheet Pipe System adalah pipa polypropylene yang ditanam di kedalaman 40 centimeter. Pipa memiliki pori-pori untuk menyerap dan mengeluarkan air.

Pemasangan pipa menggunakan alat pembentuk pipa (paper) yang kemudian ditarik dari dalam tanah secara horizontal oleh traktor. Pada ujung lubang drainase dipasang tutup pengatur air dan ujung lainnya dipasang pipa yang menjulang ke atas, berfungsi sebagai lubang ventilasi.

Pipa ini didesain khusus untuk tahan di segala cuaca dan benturan dalam tanah. Ketahanan asam dan alkali sangat baik sehingga tidak perlu khawatir dipengaruhi korosi dan pupuk umum dalam tanah. Tingkat penyerapan air pun mencapai 91 persen. Bukan hanya itu, pipa diprediksi bisa bertahan selama 20 tahun lebih.

SHARES
TAGS   kementan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar