Telat Buat Akta Lahir, Didenda Rp1 Juta

Telat Buat Akta Lahir, Didenda Rp1 Juta
Telat Buat Akta Lahir, Didenda Rp1 Juta
BANDUNG-Bulan September mendatang, sanksi admisnistrasi bagi warga yang terlambat membuat akta kelahiran akan mulai diberlakukan. Berdasarkan undang-undang No28 tahun 2009 tentang pajak dan restribusi daerah, sanksi administrasi untuk keterlambatan pembuatan akta kelahiran maskimal Rp1juta.

“Meski masa dispensasi pembuatan akta kelahiran sudah selesai akhir tahun lalu, namun masyarakat masih punya kesempatan untuk membuat surat kependudukan ini tanpa dikenai sanksi, ujar Ketua Pansus II DPRD Kota Bandung, Deni Rudiana, kepada wartwan.

Deni mengatakan, saat ini ada kegundahan di masyarakat Kota Bandung. Karena pembuatan akta kelahiran untuk usia 2 bulan ke atas akan dikenakan sanksi administrasi. Dendanya maksimal 1 juta bagi warga yang berusia 2 bulan hingga 1 tahun. Dan diatas 1 tahun, harus melalui penetapan pengadilan. Kalau di pengadilan biaya resminya 499.000, tapi di lapangan bisa lebih dari itu.

"Jika sanksi yang ditentukan adalah besaran maksimal, berarti sebenarnya denda yang dibayarkan, bisa lebih rendah lagi, tambah Deni.

BANDUNG-Bulan September mendatang, sanksi admisnistrasi bagi warga yang terlambat membuat akta kelahiran akan mulai diberlakukan. Berdasarkan undang-undang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News