Telkom Bantu Pelaku UKM Manfaatkan IT

Telkom Bantu Pelaku UKM Manfaatkan IT
Telkom Bantu Pelaku UKM Manfaatkan IT

jpnn.com - JAKARTA - PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meneguhkan komitmennya untuk membantu kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) atau small and medium enterprise (SME). Demi membantu UKM memodernisasi diri, Telkom meluncurkan program SME Indonesia BISA yang terdiri dari Small Office Home Office (SOHO), Business Solution for Community (BSC) dan Digital Media Solutions.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan, dengan dukungan teknologi komunikasi dan informasi (ICT) maka para pelaku UKM akan dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan dengan biaya yang murah.  "Pada tahun 2013, program SME Indonesia Bisa  telah diuji cobakan pada 20 sentra UKM di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Serang dan Karawang. Dan sekarang akan diperluas ke seluruh Indonesia," kata Awaluddin pada acara peluncuran program  SME Indonesia Bisa di Jakarta, Selasa.

Pada acara itu, hadir pula akademisi dari Universitas Indonesia (UI), Nining Indrayono Soesilo dan para pelaku UKM.  “Inilah bukti keseriusan Telkom dalam menggarap pasar bisnis UKM,” imbuh Awaluddin.

Ia meyakini, pemanfaatan ICT akan membuat pelaku UKM semakin produktif, inovatif, dan kreatif. "Sehingga akan memiliki daya saing dalam menghadapi globalisasi serta meningkatkan kontribusi UKM dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia,” paparnya.

Untuk memuluskan program itu, Telkom telah memilih 100 sentra UKM. Diharapkan 70 persennya dapat menikmati layanan berbasis voice dan pesna singkat. Sedangkan 30 persen sisanya diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi yang tersedia.

Telkom menargetkan sebanyak 500 ribu UKM akan bergabung dalam program IndiPreneur pada tahun 2014 dan 1 juta UKM di tahun 2015 mendatang. Untuk mewujudkannya, Telkom akan memberikan insentif kepada para pelaku UKM dalam mempromosikan produknya, termasuk dengan pembuatan website secara gratis. (nam/jpnn)

 


JAKARTA - PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meneguhkan komitmennya untuk membantu kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) atau small


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News