Telkom Naikkan Bandwith Bertahap

Lingkaran Fiber Optic jadi Jaminan Internet Kecepatan Tinggi

Telkom Naikkan Bandwith Bertahap
Telkom Naikkan Bandwith Bertahap
SURABAYA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) lakukan optimalisasi bisnis seraya menunggu rampungnya enam jaringan lingkaran (ring loop) fiber optic sepanjang 47.099 kilometer (KM) di seluruh Indonesia pada 2014. Secara bertahap, mereka akan menaikkan band with layanan data internet keluar khususnya di Jawa Timur menjadi lipat dua pada Juni 2011. Sehingga kenyamanan pelanggan terutama dari kalangan korporasi semakin meningkat.

General Manager Network Regional Jawa Timur Telkom Reostanto Eka Widjaja menjelaskan bahwa saat ini lingkaran fiber optic Jawa sepanjang 11.542 km yang terbentang dari kota Merak hingga kota Banyuwangi sudah selesai dibangun. Lingkaran tersebut, merupakan satu dari enam ring loop proyek prestise Nusantara Super Highway yang bangun Telkom.

"Ini merupakan bagian dari ambisi kami untuk mewujudkan pembangunan jaringan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi nasional yang berbasis optical network platform. Backbone network seperti Nusantara Super Highway belum ada di Indonesia," katanya kemarin saat mengunjungi Regional Network Control Center Telkom Jawa Timur.

Nantinya jaringan lingkaran kabel optik yang kabarnya menelan investasi Rp 150 triliun akan saling berhubungan satu dengan yang lain. Ring loop  Jawa saat ini sudah tersambung dengan ring loop Bali dan Nusa Tenggara. Sambungan tersebut berfungsi sebagai jalur alternatif saat ada jalur yang terganggu. Sehingga kepastian koneksi internet di Indonesia akan terjamin.

SURABAYA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) lakukan optimalisasi bisnis seraya menunggu rampungnya enam jaringan lingkaran (ring loop) fiber

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News