Telkom Siap Akuisisi BUMN Telekomunikasi di Iran

Telkom Siap Akuisisi BUMN Telekomunikasi di Iran
Telkom Siap Akuisisi BUMN Telekomunikasi di Iran
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Ini dilakukan karena pasar di dalam negeri dinilai makin sempit akibat persaingan yang ketat dan kuatnya penetrasi banyak operator.

Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan, pihaknya berupaya melakukan akuisisi di luar negeri kendati pasar sedang bergejolak. Tapi, fokus akuisisi diutamakan pada perusahaan sejenis. ''Mau tak mau, kita harus ekspansi ke luar negeri karena harus cari pasar yang baru,'' ujarnya di sela Investor Summit di Jakarta, Selasa (25/11).

Dia meramal penetrasi telekomunikasi di tanah air bakal makin masif tahun depan. Itu berarti kue yang diperebutkan makin sedikit. Penetrasi telekomunikasi di tanah air saat ini sudah sekitar 65 persen. ''Hingga akhir tahun ini mungkin sampai 70 persen. Tahun depan penetrasinya bakal 80 persen. Pasarnya makin habis, harus cari pasar baru,'' tutur Rinaldi.

Dia mengakui situasi tersebut sudah diantisipasi Telkom sejak 1,5 tahun lalu. Buktinya, perusahaan telekomunikasi terbesar di tanah air itu membentuk unit strategy investment. ''Hal itu mengantisipasi perlambatan pasar di dalam negeri sekaligus menjaga pertumbuhan perusahaan.''

JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Ini dilakukan karena pasar di dalam negeri dinilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News