JPNN.com

Century jadi Bukti BI Lamban Antisipasi

Selasa, 25 November 2008 – 19:06 WIB Century jadi Bukti BI Lamban Antisipasi - JPNN.com
JAKARTA - Wakil Ketua Panitia Anggaran DPR RI, Harry Azhar Azis, menilai Bank Indonesia sangat lamban dalam mendeteksi gagal kliring yang dialami oleh Bank Century Tbk. "Mestinya, tiga bulan sebelum terjadinya gagal kliring, pihak Bank Indonesia sudah mengetahui kondisi sesungguhnya Bank Century," kata Harry Azhar Aziz, di DPR Senayan, Jakarta, Selasa (25/11).

Dijelaskan Harry, terlambatnya Bank Indonesia mengetahui kondisi sesungguhnya Bank Century menandakan bahwa kinerja BI benar-benar di bawah standar. Di sisi lain, lanjut anggota Fraksi Partai Golkar itu, gagal kliring Bank Century  juga membuktikan kesombongan BI.

"Gila ini pemerintah, koq, dibiarkan saja terjadi kesombongan otoritas. Sekalipun dari partai berkuasa Partai Golkar, saya akan tetap kritis terhadap berbagai ketidakbenaran yang terjadi," tegasnya.

Sementara itu, anggota Fraksi PKS DPR, Rama Pratama, berharap agar kejadian yang menimpa Bank Century tidak merupakan sistemik dari dari dunia perbankan di Indonesia. "Saya berharap, kasus Bank Century bukan gambaran dunia perbankan di Indonesia dan Bank Indonesia harus meningkatkan kualitas pengawasannya," ujar Rama. (Fas/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...