Telkomsel Kenalkan Robot Uu Berteknologi 5G, Bisa Bernyanyi dan Bicara

Telkomsel Kenalkan Robot Uu Berteknologi 5G, Bisa Bernyanyi dan Bicara
Robot yang diberi nama “Uu”, dalam penyebutan bahasa Sunda, dipamerkan di ajang pertemuan keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (29/08/2022). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

jpnn.com, NUSA DUA - Telkomsel memperkenalkan robot yang diberi nama UU dalam ajang pertemuan keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8).

GM Research Management PT Telekomunikasi Selular Edyson B. Tamba mengatakan robot yang dihadirkan di DEWG itu merupakan prototipe berbasis kecerdasan buatan (AI).

“Jadi, lebih banyak digunakan untuk hiburan (entertain). Tapi turunannya ada yang bisa untuk melayani di restoran, ada yang bisa untuk robot pergudangan, bahkan untuk industri otomotif,” kata Edyson saat dijumpai wartawan di Nusa Dua, Bali.

Edyson menjelaskan robot dengan teknologi 5G bisa disesuaikan dan dimodifikasi dengan kebutuhan industri.

Dia menyebutkan dalam waktu dekat pihaknya juga akan menjalin kerja sama terkait pemanfaatan robot di beberapa restoran.

Edyson mengeklaim robot prototipe itu dapat merespons interaksi manusia seperti mengobrol dan menjawab perintah dari manusia.

Dalam kondisi ruangan yang tertutup dan tidak begitu bising, Edyson mengatakan robot mampu mengenali suara manusia dengan baik dalam bahasa Inggris.

Selain itu, robot 5G prototipe itu dapat menyanyi dan menggerak-gerakkan tangan.

Telkomsel memperkenalkan robot yang diberi nama UU dalam ajang pertemuan keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News