Teluk Tomini Kian Kritis

Teluk Tomini Kian Kritis
Teluk Tomini Kian Kritis
GORONTALO – Teluk tomini menyimpan beragam potensi sumberdaya alam. Sayangnya, potensi Teluk Tomini belum dimanfaatkan secara optimal. Parahnya lagi, potensi yang ada itu semakin rusak akibat minimnya kepedulian dan pengelolaan yang tak profesinal. Salah satu bukti, menumpuknya sampah di kawasan Teluk Tomini dewasa ini.

Menurut Walikota Gorontalo Adhan Dambea, kerusakan lingkungan di wilayah Teluk Tomini, khususnya di daerah tangkapan ikan merupakan ancaman kerusakan yang sangat serius. Bahkan kerusakan tersebut dapat mengakibatkan punahnya keanekaragaman hayati dan terumbu karang yang pada runtutannya produksi ikan menurun serta bencana kerusakan ekosistem perairan.

 

“Perlindungan daerah wisata merupakan aksi tindak konservasi strategis yang harus diwujudkan untuk dapat menjamin fungsi ekosistem teluk tomini sebagai penyangga sistem kehidupan,” ujar Walikota Adhan Dambea di sela-sela kegiatan bersih pantai di muara Sungai Bone dan kompleks Pelabuhan Gorontalo.

Oleh karena itu, Walikota Adhan Dambea menyambut positif kegiatan bersih pantai. Walikota Adhan Dambea turut memberikan apresiasi kepada Baliristi dan Kepala Deputi Bidang Peningkatan Konservasi SDA dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan Kementrian Negara Lingkungan Hidup (KLH) RI. ““Menjamin kelestarian sumber daya perikanan beserta komponen keanekaragaman hayati yang terkandung didalamnya dan terselenggaranya pemanfaatan secara lestari,” ujar Adhan.

GORONTALO – Teluk tomini menyimpan beragam potensi sumberdaya alam. Sayangnya, potensi Teluk Tomini belum dimanfaatkan secara optimal. Parahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News