Prioritaskan Trans Kalimantan

Sudah Hampir Setengah Abad Belum Terealisasi

Prioritaskan Trans Kalimantan
Prioritaskan Trans Kalimantan
JAKARTA - Sudah 45 tahun jalan trans Kalimantan dibahas oleh pemerintah pusat. Namun hingga kini, belum juga terealisasi. Karenanya Komisi Perhubungan DPR menjadikan persoalan warisan proyek trans Kalimantan sebagai prioritas.

Usman Ja'far, anggota Komisi V DPR RI, yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Barat, mengatakan, keberadaan Trans Kalimantan itu sangat penting bagi kemajuan daerah-daerah di Kalimantan.

"Jalan trans Kalimantan harus segera terwujud, agar pembangunan empat wilayah di Kalimantan bisa lebih ditingkatkan," ujarnya di Jakarta, Minggu (15/11).

Program pembangunan jalan Lintas Kalimantan yang diharapkan bisa menghubungkan empat provinsi meskipun sudah hampir setengah abad atau sejak awal 1960-an dan sampai kini belum tuntas. Dalam rapat kerja dengan Menteru Pekerjaan Umum, kata Usman, Komisi V DPR juga mendorong Departemen PU untuk merealisasikan tiga  program utama. Program pertama, yakni penanganan jalan dengan prioritas Jalan Lintas Barat, Tengan dan Timur Sumatera. Dua, penyelesaian jalan Lintas Selatan Kalimantan, Lintas Barat Sulawesi, Trans Sunda Kecil dan ketiga, penyelesaian Lintas Maluku dan 11 ruas jalan di Papua.

JAKARTA - Sudah 45 tahun jalan trans Kalimantan dibahas oleh pemerintah pusat. Namun hingga kini, belum juga terealisasi. Karenanya Komisi Perhubungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News