Tema HUT ke-75 RI, Azizul: Harus Bekerja Ekstra Keras

Tema HUT ke-75 RI, Azizul: Harus Bekerja Ekstra Keras
Tema HUT ke-75 RI: Indonesia Maju. Ilustrasi Foto: Sam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tema HUT-75 RI tahun ini adalah Indonesia Maju.

Tema HUT ke-75 RI tersebut dicanangkan di tengah kondisi bangsa yang sedang dihajar pandemi COVID-19.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Azizul mengatakan Indonesia sebagai negara besar dalam HUT ke-75 ini, sedang menghadapi suatu ujian besar dengan adanya pandemi COVID-19.

"Berbeda dengan peringatan HUT Kemerdekan RI tahun-tahun sebelumnya, maka tahun ini seluruh elemen bangsa harus mau bekerja ekstra keras dengan tugas dan fungsinya masing-masing sehingga roda kehidupan harus tetap berjalan," ujar Azizul, di Medan.

Ia menyebutkan, untuk "Indonesia Maju" yang sudah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dalam RPJM 2019-2023 tentunya banyak penyesuaian pada berbagai aspek kehidupan dan salah satu terpenting adalah refocusing APBN tahun 2020 yang terfokus pada pandemi COVID-19.

Sehubungan dengan itu melihat persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia harus diperkuat dengan semangat juang yang termaktub dalam semangat Kemerdekaan RI.

"Khusus di bidang ekonomi, walaupun pertumbuhan. Saat ini adalah minus 5 persen. Namun kita masih dapat bertahan karena Indonesia berbasiskan pada SDA, dan masyarakat Indonesia masih lebih banyak yang tinggal di Desa dengan potensinya masing-masing," ujarnya.

Azizul berharap hikmah menghadapi COVID-19 ini dapat memperkuat dan menyatukan gerak langkah segenap elemen bangsa untuk dapat mewujudkan Indonesia Maju dan Berdaulat. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Tema HUT ke-75 RI tahun ini, yakni Indonesia Maju, menghadapi tantangan yang cukup berat di tengah pandemi COVID-19.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News