Tembus Rekor Baru

Tembus Rekor Baru
Tembus Rekor Baru
JAKARTA - Industri otomotif di dalam negeri siap melaju kembali setelah pemerintah mengurungkan niatnya menaikkan pajak. Pemerintah dan produsen optimistis penjualan kendaraan roda empat tahun ini bisa mencapai 650 ribu unit dan menyaingi sales domestik di Thailand.

           

Dirjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Kementrian Perindustrian Budi Dharmadi mengatakan, saat ini adalah momen pas untuk menyaingi Thailand sebagai pusat otomotif di Asia Tenggara. "Pokoknya PPnBM sama pajak lain jangan naik lagi, karena ini (produksi otomotif) lagi bagus-bagusnya,? ujarnya setelah mendampingi Menteri Perindustrian M.S. Hidayat menerima petinggi PT Astra International Tbk di kantornya kemarin.

           

Sejak awal tahun sampai akhir Juni, lanjut Budi, penjualan mobil diperkirakan mencapai 390 ribu unit. Pada akhir tahun diperkirakan jumlahnya mencatat rekor baru yaitu 650 ribu unit. Dengan tidak adanya kenaikan komponen pajak otomotif, pabrikan bisa mempunyai planning jangka panjang untuk meningkatkan kapasitas produksi. "Kita berterima kasih karena semua unsur memahami bahwa untuk meningkatkan volume, komponen pajak tidak perlu dinaikkan. Biarkan pendapatan pemerintah bertambah dengan meningkatkan volume (produksi dan penjualan),"paparnya.

            

Presdir Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Dharmawan mengatakan, tahun ini Thailand memasang target penjualan domestik 710 ribu unit. Tahun lalu, penjualan di Negeri Gajah Putih itu mencapai 625.270 unit dibandingkan Indonesia 607.151 unit. "Maret (2010) ketika banyak demo di sana (Thailand), jualan Toyota tetap sampai 28 ribu unit,"ungkapnya.

           

JAKARTA - Industri otomotif di dalam negeri siap melaju kembali setelah pemerintah mengurungkan niatnya menaikkan pajak. Pemerintah dan produsen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News