Tempat Karaoke dan SPA Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah

Tempat Karaoke dan SPA Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah
Tempat Karaoke dan SPA Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah

jpnn.com - CISARUA – Api melahap tempat karaoke dan SPA di daerah wisata Ciwangun Indah Camp (CIC), Kampung Ciwangun, RT 3 RW 15, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat, kemarin sekitar pukul 13.30 WIB. Peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian mencapai miliaran rupiah.

Pengelola CIC, Kosasih menuturkan, berdasarkan informasi yang diterimanya, kebakaran terjadi akibat dari puntung rokok yang dibuang ke atap bangunan yang terbuat dari ijuk.

Dengan kondisi kering dan angin cukup besar, api dengan cepat merembet ke seluruh bangunan. ”Karena cuaca panas dan kondisi angin besar, sehingga api dengan cepat merembet,” kata Kosasih kepada wartawan di lokasi.

Kosasih menambahkan, dalam waktu kurang dari satu jam, api melalap dua bangunan yang terdiri dari 15 ruangan karaoke dan spa. Selain bangunan yang ikut terbakar antara lain, alat-alat band, sound system, alat rumah tangga serta satu unit kendaraan. ”Akibat kejadian ini kerugian ditaksir miliar rupiah. Karena banyak fasilitas yang terbakar,” jelas Kosasih.

Sementara itu, Komandan Peleton (Danton) UPT Pemadam Kebakaran, Kabupaten Bandung Barat, Nurkalamsah mengatakan, sejak menerima informasi adanya peristiwa kebakaran, satu unit kendaraan damkar yang berasal dari Lembang didatangkan ke lokasi kejadian.

Selanjutnya satu unit damkar dari Padalarang pun diturunkan untuk mendukung damkar dari Lembang. ”Kami baru bisa memadamkan api dalam waktu 30 menit,” ujarnya.

Dalam waktu 10 menit petugas damkar sudah tiba di lokasi. Namun dikarenakan bangunan semi permanen maka api cepat merembet dan sudah tidak bisa diselematkan. Untuk menghindari kebakaran yang lebih luas, petugas berupaya melokalisir titik api yang ada.

"Yang kita khawatirkan di area ini banyak pohon. Ketakutan petugas, dengan angin besar ini api justru membakar pohon. Tapi, atas kinerja petugas di lapangan, api pun cepat dipadamkan tanpa membakar pohon di sekitarnya,” pungkasnya. (drx/mg5/fik)

CISARUA – Api melahap tempat karaoke dan SPA di daerah wisata Ciwangun Indah Camp (CIC), Kampung Ciwangun, RT 3 RW 15, Desa Cihanjuang Rahayu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News