Tempat-tempat Keramat Ramai Dikunjungi Caleg

Tempat-tempat Keramat Ramai Dikunjungi Caleg
Tempat-tempat Keramat Ramai Dikunjungi Caleg

jpnn.com - CIREBON - Nuansa klenik ternyata masih kental di tengah zaman modern. Menjelang tahun politik, sejumlah tempat keramat justru mendapatkan pengunjung yang meningkat. Kebanyakan mereka memiliki maksud tertentu.

Ada beberapa tempat ziarah yang belakangan kerap didatangi para calon legislatif (caleg) seperti Kompleks Astana Gunung Jati, Situs Makam Mbah Kuwu Sangkan dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Menurut Penghulu Masjid Agung Sang Cipta Rasa, KH Djumhur, tak sedikit para calon legislatif berdoa dan melakukan salat, terutama di malam Jumat.

"Setiap hari selalu ada caleg yang datang, baik dari pusat, provinsi, maupun daerah. Mereka datang di malam Jumat biasanya," ujar Djumhur, kepada Radar.

Mereka umumnya berkunjung malam hari. Kadangkala ada yang tidak diketahui oleh pengurus. Mereka biasanya melakukan salat dan berdoa di dalam ruang utama masjid. Sejauh ini, hal yang dilakukan para caleg tersebut masih dalam batas wajar dan tidak menyimpang.

"Saya rasa itu lumrah, nggak ada yang keliru. Mereka datang berdoa di sini sebatas memohon kepada Allah, bukan memohon kepada yang lain," ucapnya.

Diungkapkannya, Masjid Agung Sang Cipta Rasa memiliki magnet bagi para peziarah. Hal ini tak lepas dari sejarah bangunan yang berdiri sejak abad 14. Masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan bangunan peninggalan para wali.

Masjid ini didirikan pada zaman Sunan Gunung Jati. Sebagai seorang pelopor berdirinya Kesultanan Cirebon, Sunan Gunung Jati sangat dihormati oleh masyarakat. Tak heran beberapa peninggalannya hingga kini masih dikunjungi.

CIREBON - Nuansa klenik ternyata masih kental di tengah zaman modern. Menjelang tahun politik, sejumlah tempat keramat justru mendapatkan pengunjung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News