Temui Gubernur Ini, Megawati Jajaki Kerja Sama Riset dan Perdagangan

Temui Gubernur Ini, Megawati Jajaki Kerja Sama Riset dan Perdagangan
Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional Megawati Soekarnoputri bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistyanto bertemu Gubernur Provinsi Jeju Oh Young-Hun di Jeju, Korea Selatan, Kamis (15/9/2022). (ANTARA/HO-PDIP)

jpnn.com, JEJU - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Gubernur Jeju Oh Young-Hun di Korea Selatan, Kamis (15/9).

Pada kesempatan itu, Megawati ingin mendorong peningkatan kerja sama di bidang penelitian hingga perdagangan.

Presiden Kelima RI itu mengutamakan kerja sama riset, khususnya di sektor pangan, antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Kemarin, ketika datang ke Jeju University, kami melakukan MoU terutama dalam budidaya ikan kerapu, di dalamnya termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Megawati.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu menjelaskan dibandingkan dengan negara Asia lain, varian produk pertanian Indonesia jauh lebih beragam dan berkualitas. Misalnya, pisang dan mangga di Indonesia memiliki jenis dan varian beragam.

"Filipina tak punya sebanyak Indonesia, karena di Indonesia ada pisang kecil bisa dimakan, ada yang besar disebut pisang tanduk dan enak bila digoreng. Mangga Gincu dari Indonesia sangat diminati Singapura, sampai permintaannya masih belum bisa terpenuhi," jelasnya.

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan masih ada tantangan dalam kerja sama perdagangan buah antara Indonesia dan Korea Selatan.

Gandi mengatakan pada prinsipnya Indonesia menginginkan kesetaraan peluang bagi produk buah dalam negeri untuk masuk ke Korea Selatan, begitu pula sebaliknya.

Presiden Kelima RI itu menjajaki kerja sama riset, khususnya di sektor pangan, antara Indonesia dan Korea Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News