Temui Nelayan Cilacap, Ganjar Beber Rencananya Tenggelamkan Kapal Asing Pencuri Ikan

Temui Nelayan Cilacap, Ganjar Beber Rencananya Tenggelamkan Kapal Asing Pencuri Ikan
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo berdialog di kantor DPC HNSI Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024). Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, CILACAP - Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menyampaikan niatnya menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan (ilegal fishing) di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Ganjar kedaulatan NKRI harus dijaga, termasuk dari kapal asing pencuri ikan.

"Masih banyak sekali (illegal fishing) karena potensi kita besar banget. Maka, perlu adanya, satu, pengamanan," ujar Ganjar seusai berdialog dengan ribuan warga di kantor Dewan Pengurus Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (DPC HNSI) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

Capres yang berpasangan dengan Mahfud Md itu menegaskan upaya mengamankan laut Indonesia harus melibatkan semua pemangku kepentingan, antara lain, TNI, Polri, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Tenaga Kerja.

"Ini yang perlu memberikan dukungan fasilitas agar kita bisa memantau itu dengan gampang. Butuh radar, butuh sonar, butuh kapal cepat," imbuhya.

Selain itu, Ganjar juga menegaskan pentingnya memanfaatkan teknologi untuk mengamankan laut Indonesia.

“Pakai drone (pesawat nirawak, red), atau satelit sekarang,” kata Ganjar.

Penyandang gelar S.H. dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menambahkan upaya mengamankan laut Indonesia juga membutuhkan titik-titik logistik untuk mendukung petugas yang melakukan patroli.

Ganjar Pranowo menyampaikan niatnya menenggelamkan kapal asing yang mencuri ikan (ilegal fishing) di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News