Temukan Jembatan Era Dinasti Ming

Temukan Jembatan Era Dinasti Ming
Foto: AFP

jpnn.com - BEIJING - Sebuah jembatan kuno terbuat dari batu yang dibangun pada masa Dinasti Ming ditemukan di Danau Poyang, Provinsi Jiangxi, Tiongkok, saat air mengering. Ketika ditemukan, jembatan berusia empat abad tersebut sudah dalam kondisi puing. Namun, susunannya masih terlihat apik.

Jembatan sepanjang 2.930 meter yang tersusun dari batu granit tampak tertanam di dalam dasar danau. Danau Poyang yang dahulu selebar 4.500 kilometer persegi itu terus mengering dalam beberapa tahun terakhir. Penyebabnya adalah rendahnya curah hujan dan menurunnya pasokan air dari Bendungan Tiga Ngarai atau Three Gorges Dam.

Televisi nasional CCTV melaporkan, November lalu kekeringan telah mereduksi luas danau hingga menjadi 1.500 kilometer persegi. Kondisi tersebut mengancam kehidupan plankton, ikan, dan organisme lainnya penghuni danau.

Selain itu, kekeringan memengaruhi kehidupan 70 persen penduduk lokal yang hidup sebagai nelayan. Menurunnya debit air Sungai Yangtze yang dibendung Three Gorges Dam mengakibatkan aliran ke Poyang dan Dongting, danau lain di Provinsi Hunan, berkurang. Ketinggian air di dua danau tersebut anjlok. (AFP/cak/c10/dos)

 

Berita Selanjutnya:
Bayi Kembar Lahir Beda Tahun

BEIJING - Sebuah jembatan kuno terbuat dari batu yang dibangun pada masa Dinasti Ming ditemukan di Danau Poyang, Provinsi Jiangxi, Tiongkok, saat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News