Tenang, Ada Satgas Rumsong Amankan Rumah Kosong saat Libur

Tenang, Ada Satgas Rumsong Amankan Rumah Kosong saat Libur
Polisi. Foto: JPG

jpnn.com, JAKARTA - Polri telah membentuk satuan tugas rumah kosong (Satgas Rumsong) demi memberikan rasa aman kepada pemudik yang pulang kampung saat libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, satgas itu akan dikoordinasikan hingga tingkat polsek.

“Kami ada satuan tugas rumah kosong untuk mengakomodasi semua. Jadi nanti ada tanda khusus untuk rumah kosong yang diketahui petugas,” kata dia, Jumat (22/12).

Keberadaan Satgas Rumsong itu langsung di bawah kendali Mabes Polri. Namun, polda, polres ataupun polsek diberi keleluasaan untuk menggunakan cara lain dalam mengamankan rumah-rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya karena keluar kota.

“Mabes Polri leading sector-nya. Itu sebagai contoh. Yang lain bisa saja juga berkreasi. Yang penting terjaga,” sambung dia.

Meski demikian, Iqbal menyarankan kepada masyarakat yang akan bepergian agar bisa berangkat sebelum arus lalu lintas sudah mulai padat. “Untuk pulang sebaiknya sebelum hari kerja atau tiga hari setelah kerja. Itu triknya," tambahnya.

Mantan Kapolrestabes Surabaya itu menambahkan, masyarakat bisa menitipkan rumahnya kepada RT, RW, serta tetangga sekitar atau kepada orang yang bisa dipercaya. Hal itu dilakukan agar warga tenang ketika bepergian.

"Sebelum meninggalkan rumah periksa dulu kompor, alat-alat elektronik dan kunci pintu. Jangan meninggalkan alat tersebut menyala,” tandasnya.(mg1/jpnn)


Polri telah membentuk satuan tugas rumah kosong (Satgas Rumsong) demi memberikan rasa aman kepada pemudik yang pulang kampung saat libur Natal dan tahun baru.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News