Tenang, Masih Punya Peluang jika Tidak Lolos SKB

Tenang, Masih Punya Peluang jika Tidak Lolos SKB
Peserta melihat hasil tes SKB CPNS. Foto ilustrasi: Adiansyah/Batam Pos/jpg

jpnn.com, SURABAYA - Gagal lolos lewat SKB CPNS 2018 tidak berarti tertutup peluang bagi peserta menjadi PNS. Masih terbuka kesempatan meraih status bergengsi sebagai abdi negara. Ada formasi kosong.

Kepala Bidang Data, Formasi, dan Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik Reza Pahlevi menyatakan bakal mendata peserta yang tidak lolos lewat seleksi kompetensi bidang (SKB).

Khususnya, mereka yang melamar di formasi yang sama. Misalnya, formasi guru.

Nilai peserta seleksi SKB di-ranking ulang. Yang meraih nilai tertinggi masih punya peluang mengisi lowongan yang kosong di formasi yang sama.

Reza mencontohkan formasi guru umum (bukan K2). Di antara 1.030 peserta SKB, ada 628 pelamar formasi guru. Satu lowongan di sekolah diperebutkan tiga orang.

Artinya, hanya ada 209 guru yang lulus. Sementara itu, 419 peserta lain tersisih. Mereka akan diurutkan lagi sesuai peringkat.

Peraih nilai terbaik punya peluang mengisi lowongan yang sama di sekolah lain. "Dengan syarat, formasi dan jabatan yang dipilih sesuai dan sama," kata Reza.

Kepala BKD Nadlif menjelaskan, teknis pengisian formasi kosong sudah diatur dalam Permenpan-RB No 61 Tahun 2018. "Jadi, peserta yang tidak lulus bisa mengisi formasi yang tidak terisi," jelasnya.

asil akhir ujian CPNS 2018 di tahapan SKB akan dihitung langsung oleh Badan Kepegawaian Negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News