Tenang Saja, Dijamin tak Ada Vaksin Palsu

Tenang Saja, Dijamin tak Ada Vaksin Palsu
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - TANJUNG SELOR - Surya Tan, Dirut RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo, Tanjung Selor mengatakan, vaksin yang tersedia di rumah sakit melalui jalur distributor resmi pemerintah.

Ada dua distributor resmi untuk pengadaan vaksin, yakni Anugerah Pharmindo Lestari (APL) dan Rajawali Nusindo. “Insya Allah vaksin yang tersedia di rumah sakit ini terjamin aman,” jelas Surya.

ntuk mendapatkan vaksin, kata Surya, sesuai mekanisme. Yakni dipesan melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Bulungan. Permintaan yang diajukan diberikan sesuai kebutuhan rumah sakit, terutama bagian anak.

Namun, pemberian vaksin yang membedakan antara rumah sakit dengan Puskesmas. Pasalnya, vaksin diberikan langsung bagi bayi yang baru lahir. Ada beberapa program pemerintah dalam pemberian imunisasi dasar lengkap.

Di antaranya Hepatitis B, DPT, Polio, Campak dan BCG. Pengadaannya oleh pemerintah didistribusikan ke Diskes kabupaten/kota. Maraknya peredaran vaksin palsu, menurut Surya, menimbulkan kekhawatiran bagi ibu-ibu.

Akan tetapi, pihak RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo selalu memberikan pemahaman bahwa vaksin yang tersedia aman bagi bayi. (uno/asa/jos/jpnn)


TANJUNG SELOR - Surya Tan, Dirut RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo, Tanjung Selor mengatakan, vaksin yang tersedia di rumah sakit melalui jalur distributor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News