Terapkan ESG 4 Plus di Seluruh Lini, SCG Bertekad Kurangi Emisi Karbon Dalam Negeri

Terapkan ESG 4 Plus di Seluruh Lini, SCG Bertekad Kurangi Emisi Karbon Dalam Negeri
Penandatangan kolaborasi antara PT Semen Jawa dan Pemda Sukabumi untuk pengolahan sampah, Selasa (7/6) di Sukabumi. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai perusahaan yang menerapkan prinsip ramah lingkungan, SCG di Indonesia mendukung strategi pemerintah terkait pembangunan rendah karbon dan ketahanan iklim.

Strategi tersebut diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca secara tajam dimulai dari tahun 2030 untuk mencapai Net Zero Emission 2060 atau lebih cepat.

Sejalan dengan komitmen global, SCG Indonesia mengumumkan kampanye advokasi ESG 4 Plus secara internal maupun eksternal.

ESG 4 Plus merupakan sustainability development framework yang menjadi acuan perusahaan dalam menjalankan operasi bisnisnya yang menyeimbangkan aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Prinsip ESG 4 Plus yang diusung SCG Indonesia berfokus dalam mencapai empat objektif, yakni tercapainya Net Zero Emission, menciptakan produk dan industri hijau (go green), mereduksi kesenjangan sosial, dan merangkul kolaborasi dengan berbagai stakeholder. Aspek tambahan (plus) pada prinsip ini merupakan keadilan dan transparansi baik di dalam maupun di luar perusahaan.

Country Director SCG di Indonesia Warit Jintanawan menyatakan bahwa tujuan SCG dalam melaksanakan ESG 4 Plus adalah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, konsumsi energi, dan eksploitasi sumber daya alam yang berlebih serta merangkul kolaborasi dengan banyak pihak yang terkait.

“Urgensi kami dalam melaksanakan prinsip ESG 4 Plus adalah karena SCG telah menjadi bagian dari Indonesia. Kami telah hadir hampir 30 tahun di Indonesia dan terus berkomitmen untuk berkontribusi pada lingkungan sehingga lingkungan lestari, bisnis pun demikian,” terang dia.

SCG Indonesia menerapkan prinsip ekonomi sirkular (membuat, menggunakan, dan kembali ke kita) sehingga SCG menjaga agar tidak ada produk atau bahan baku yang terbuang.

SCG Indonesia mengumumkan kampanye advokasi ESG 4 Plus secara internal maupun eksternal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News