Terapkan NSW, Laos Contoh Indonesia

Terapkan NSW, Laos Contoh Indonesia
Terapkan NSW, Laos Contoh Indonesia
JAKARTA – Indonesia dijadikan acuan oleh negara Asean lainnya dalam penerapan National Single Window (NSW). Salah satu negara yang ingin mencontoh pembentukan NSW Indonesia adalah Laos.

“Laos ini kayaknya mau cepat-cepa t lari, yang jadi acuan adalah kita. Dari international institution sendiri, jika ingin cepat lari belajar dari Indonesia dan sharing information makanya dia (laos) datang ke kita,” ujar Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan Eddy Putra Irawady di Jakarta, Rabu (23/5).

Menurutnya, ada kewajiban bagi negara di Asean untuk segera membangun NSW pada tahun 2012 ini sehingga bisa berintegrasi pada tahun 2013. Namun bagi negara-negara seperti Kamboja,  Laos, Vietnam dan Myanmar, diberikan sedikit kelonggaran waktu.

Ia menjelaskan, dalam pembangunan NSW ini yang paling penting harus ada komitmen kuat dari pemerintah negara itu sendiri. Pasalnya, NSW diterapkan untuk memberikan efisiensi pelayanan publik sekaligus efektifitas pengawasan. “Kita juga selalu melakukan private public konsultasi, Ini yang menjadi kunci,”urainya.

JAKARTA – Indonesia dijadikan acuan oleh negara Asean lainnya dalam penerapan National Single Window (NSW). Salah satu negara yang ingin mencontoh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News