Teras Narang Ingatkan Pesan Bung Karno Tentang Keberagaman

Teras Narang Ingatkan Pesan Bung Karno Tentang Keberagaman
Lambang Garuda Pancasila dan bendera Merah Putih. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Agustin Teras Narang mengatakan, membangun nilai-nilai Pancasila harus dimulai dari diri sendiri.

Tidak mungkin menularkan sikap saling menghargai jika masing-masing orang justru menunjukkan perilaku yang tak toleran terhadap sesama.

"Jadi penting mulai dari diri sendiri, apakah seorang pancasilais atau tidak. Apakah mampu mengimplementasi nilai-nilai Pancasila, mewujudkan keberagaman. Kalau belum siap, enggak usah ngomong dulu deh," ujar Teras pada diskusi 'Sehati Sepikir Dalam Kebhinnekaan'yang digelar Perkumpulan Kebangkitan Indonesia Baru di kawasa Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/6) petang.

Mantan gubernur Kalimantan Tengah ini kemudian mengutip pernyataan Bung Karno. Pernyataan Proklamator RI tersebut secara gamblang menggambarkan bahwa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, ras dan golongan yang berbeda.

"Bung Karno mengatakan, jadikan Indonesia sebagai taman sari yang terdiri dari beragam suku, agama, rasa dan golongan. Artinya kita berada dalam satu wadah. Nah ketika perbedaan bisa ditata dengan baik tentu hasilnya akan sangat indah," ucapnya.

Untuk itu Teras mengajak seluruh elemen bangsa saling mengoreksi diri dan menanamkan doktrin ke diri masing-masing untuk tidak hanya mengangkat perbedaan. Namun juga memikirkan tentang kebersamaan sebagai suatu negara yang besar.

"Jangan menghadapi perbedaan dengan perbedaan. Agamamu adalah agamamu, agamaku adalah agamaku, tetapi kita adalah satu sebagai warga negara Indonesia yang pancasilais dan menghargai keberagaman," pungkas Teras.(gir/jpnn)


Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Agustin Teras Narang mengatakan, membangun nilai-nilai Pancasila harus dimulai dari diri sendiri.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News