Terasa Hingga ke Tegal, Petani Dikagetkan Gempa

Terasa Hingga ke Tegal, Petani Dikagetkan Gempa
Ilustrasi

jpnn.com - GEMPA berkekuatan 6,5 SR yang terjadi dan berpusat di Kebumen, juga terasa hingga ke Tegal. Bahkan kekuatan gempa terasa hingga ke desa-desa kecil di Tegal, seperti di Paku Laut, Jawa Tengah. Padahal desa ini terbilang cukup jauh dari kota Tegal dan tidak berada di sekitar wilayah garis pantai.

"Goncangannya memang terasa sekali. Kebetulan saya sedang berada di sawah. Banyak teman-teman petani yang juga merasakan goncangannya," ujar Sarki, seorang petani di Paku Laut pada JPNN.

Sarki mengisahkan, saat gempa terjadi ia sedang berada di gubuk kayu di tengah sawah. Gubuk yang dibangun sederhana itu bergoyang cukup kencang.

"Tadinya kaget juga. Sudah lama sekali gempa tidak terasa sampai ke Paku Laut sini. Petani yang di tengah sawah juga merasa tanahnya seperti goyang," kata Sarki.

Hingga saat ini belum diketahui dampak pasti dari gempa yang cukup besar ini. BMKG melansir data, di Purworejo gempa dirasakan sangat keras selama sekitar 30 detik. Satu rumah roboh dan beberapa rusak di Desa Krandegan, Kecamatan Bacan, Purworejo.

"Masyarakat berhamburan keluar rumah dan kantor. BPBD Purworejo masih melakukan pendataan," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho yang diterima JPNN.

Sementara di kota pusat gempa Kebumen, gempa dirasakan sangat kuat selama sekitar 20 detik. "Warga berhamburan keluar rumah dan perkantoran. Namun belum ada laporan kerusakan bangunan," kata Sutupo.(afz/jpnn)


GEMPA berkekuatan 6,5 SR yang terjadi dan berpusat di Kebumen, juga terasa hingga ke Tegal. Bahkan kekuatan gempa terasa hingga ke desa-desa kecil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News