Terbiasa Bekerja di Ruang Senyap, BG Pantas Jadi Kepala BIN

Terbiasa Bekerja di Ruang Senyap, BG Pantas Jadi Kepala BIN
Wakapolri Komjen Budi Gunawan. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah dinilai tepat jika mempercayakan tampuk kepemimpinan BIN kepada Wakapolri Komjen Budi Gunawan. Pasalnya, permasalahan-permasalahan krusial yang ada sekarang lebih dekat dengan kerja kepolisian dibanding TNI.

Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan, tantangan yang dihadapi intelijen saat ini lebih menyangkut aspek human security. Contohnya seperti masalah-masalah pengungsi antarnegara, migrasi, pencari suaka dan perdagangan orang 

"Ini semua lebih cocok dihadapkan atau didekati dengan cara penegakan hukum dan hak asasi manusia dibanding perspektif pertahanan," kata Hendardi saat dihubungi, Jumat (19/8).

Menurut dia, jabatan kepala BIN sebaiknya dipegang oleh sosok yang lebih memilih bekerja di ruang senyap dibanding melakukan pencitraan lewat media massa. Karena, bagaimanapun juga kerja intelijen sangat dekat dengan kerahasiaan. 

Hal itu membuatnya melihat sosok Budi Gunawan sangat tepat untuk menggantikan Kepala BIN Sutiyoso. Selama ini, kiprah Budi Gunawan di Polri terbukti lebih banyak di belakang layar.

"Kalau secara personal, di Polri yang bersangkutan (BG) sangat terkenal sebagai solidarity maker, memiliki kemampuan kepemimpinan serta jaringan yang cukup luas, belum lagi pengalaman di satuannya. Itu mungkin dari segi personal yang mendukung‎," tandas dia. (dil/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah dinilai tepat jika mempercayakan tampuk kepemimpinan BIN kepada Wakapolri Komjen Budi Gunawan. Pasalnya, permasalahan-permasalahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News