Terbukti, Pak Jokowi Memang Pelayan Masyarakat Terbaik

Terbukti, Pak Jokowi Memang Pelayan Masyarakat Terbaik
Presiden Joko Widodo saat menerima pesanan motor Chopperland. Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Golkar Andi Budi Sulistijanto menilai sebagai presiden yang terbaik dalam melayani masyarakat. Alasannya, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu selalu menempatkan diri sebagai rakyat biasa.

"Pak Jokowi adalah pelayan masyarakat yang terbaik. Saya istilahkan bahasa Inggris-nya public servant communication style," ujar Andi dalam peluncuran bukunya yang berjudul Komunikasi Politik Jokowi di gedung DPR, Jakarta, Jumat (9/3). 

Andi mengungkap banyak temuan menarik soal gaya politik Jokowi yang ditulisnya dalam buku setebal 142 halaman tersebut. Dalam buku itu, Jokowi digambarkan sebagai sosok yang tak merasa sebagai presiden.

"Jadi dia merasa seperti rakyat biasa, selalu apa adanya melihat sesuatu fakta di lapangan," kata Andi. 

Menurut dia, Jokowi tidak banyak berwacana. Sebab, mantan gubernur DKI Jakarta itu lebih banyak bekerja.

Sebagai contoh, Jokowi menggenjot pembangunan infrastruktur yang sekarang hasilnya terlihat nyata. Andi menyebut Jokowi melalui komunikasi yang verbal dan nonverbal menunjukkan kepada bangsa Indonesia bahwa sebuah ada kemajuan fisik yang cepat dan dilakukan secara luar biasa.

Andi juga menyodorkan temuan lain tentang gaya komunikasi Jokowi. Yakni gaya komunikasi ‘sendika dawuh’ dengan menunduk ke tokoh-tokoh yang mumpuni maupun senior.

"Dalam kultur di Indonesia kan banyak kiai, tokoh masyarakat. Itu yang sangat diharapkan Pak Jokowi, petuah dan sebagainya," katanya. 

Joko Widodo dalam buku Komunikasi Politik Jokowi digambarkan sebagai sosok yang tak merasa sebagai presiden. Jokowi lebih banyak bekerja ketimbang berwacana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News