Terbukti, Santri Alumni Gontor Berbakti pada Ibu Indonesia

Terbukti, Santri Alumni Gontor Berbakti pada Ibu Indonesia
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dalam acara Silaturahmi dan Halal Bihalal Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor se –Tangerang, Minggu (15/7). Foto: Humas MPR

jpnn.com, TANGERANG SELATAN - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menghadiri undangan sebagai alumni kehormatan dalam acara Silaturahmi dan Halal Bihalal Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Gontor se –Tangerang, Minggu (15/7).

Acara yang digelar di area Taman Wisata Situ Gintung, Tangerang Selatan ini dihadiri Pimpinan dan ratusan anggota IKPM Gontor se Tangerang.

Dalam sambutannya di hadapan peserta, HNW mengungkapkan apresiasinya diselenggarakan acara silaturahmi dan halal bihalal ttersebut. "Silaturahmi adalah kegiatan yang baik bahkan Islam menekankan betapa pentingnya silaturahmi. Kegiatan ini saya apresiasi," ujarnya.

HNW juga mengungkapkan bahwa dalam konteks ke Indonesiaan, apa yang diajarkan di Pondok Gontor sangat sesuai sekali. Di Gontor semua harus berada di tengah-tengah, tidak berpolitik dan memihak. Gontor sangat menghormati keberagaman sehingga tidak lagi mempermasalahkan perbedaan.

"Selain itu, di Gontor diajarkan tentang pemahaman serta penghormatan dan berbakti kepada sosok Ibu. Di Gontor ada tiga sosok ibu yang sangat dihormati yakni Ibuku ibu Gontor, hal ini tercermin dalam penutup lagu Hymne Gontor, lalu Ibuku secara biologis dan Ibuku Indonesia," katanya.

Ditekankan HNW, tiga hal tersebut menjadi bagian yang sangat penting untuk disegarkan kembali untuk menegaskan kembali bahwa warga Gontor tidak mungkin tidak berbakti kepada orang tua yang dimulai dengan sosok Ibu dan itu yang diajarkan di Gontor untuk berbakti kepada Ibu.

"Sekali lagi ibu dalam konteks Gontor mempunyai tiga dimensi yakni bahwa santri mesti berbakti kepada Ibu biologisnya, lalu berbakti kepada ibuku (pesantren). Hal-hal itulah yang akan membuat dan memungkinkan para santri berbakti kepada Ibu Indonesia," tandasnya.

Patut disyukuri, lanjut HNW, implementasi berbakti kepada tiga dimensi ibu tersebut dilaksanakan santri dan alumni Gontor. Bahkan para alumnus Gontor dalam konteks berbakti kepada Ibu Indonesia telah berkiprah diberbagai posisi baik dipemerintahan dan lembaga negara dan meluas lagi ke berbagai bidang lainnya. (adv/jpnn)

Ibu dalam konteks Gontor mempunyai tiga dimensi yakni berbakti kepada Ibu biologisnya, lalu berbakti kepada ibuku (pesantren) dan Ibu Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News