Terdengar Suara Barang Jatuh di Area Lapas, Petugas Curiga, Pas Dicek Ternyata

Terdengar Suara Barang Jatuh di Area Lapas, Petugas Curiga, Pas Dicek Ternyata
Petugas Lapas Kelas II Pekanbaru menemukan paket berisi dua kilogram ganja yang dilempar orang tak dikenal. Foto: Humas Kemenkumham Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Petugas jaga Pos Tinggi Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pekanbaru, Riau, menemukan paket berisi ganja seberat dua kilogram yang diduga dilempar orang tak dikenal (OTK) dari luar pagar lapas. Daun ganja kering itu ditemukan petugas pada Minggu (7/8) sekitar pukul 21.50 WIB. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Riau Jahari Sitepu menjelaskan awalnya petugas jaga mendengar suara barang jatuh ke dalam area pagar lapas. 

Lalu, petugas jaga langsung mendatangi sumber suara tersebut. Ternyata, di dalam area pagar sudah ada dua bungkusan yang diduga dilempar dari luar.

“Setelah melakukan pemeriksaan, petugas menemukan barang tersebut berisi narkoba jenis ganja,” kata Jahari Sitepu, Senin (8/8). 

Petugas kemudian melaporkan temuan itu kepada Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Sapto Winarno. Lalu, daun ganja itu ditimbang dan diketahui beratnya dua kilogram. 

“Kami telah melaporkan penemuan paket seberat dua kilogram ganja tersebut ke Satuan Reserse Narkoba Polresta Pekanbaru untuk pengembangan lebih lanjut,” jelas Jahari.

Setelah menerima laporan, polisi akan memeriksa CCTV yang ada di sekitar area, baik itu milik Lapas Pekanbaru maupun warga. “Semoga kami menemukan pelaku yang coba mengotori lapas dan rutan di Riau ini,” harap Jahari.

Dengan adanya temuan ini, Jahari berharap agar seluruh jajaran Kemenkumham Riau memiliki integritas dan profesionalitas seperti petugas Lapas Pekanbaru. “Sudah harga mati, kami tidak akan neko-neko dengan narkoba,” katanya. 

Kejadian itu berawal saat petugas mendengar ada suara barang jatuh ke dalam area pagar lapas, Minggu (7/8) sekitar pukul 21.50 WIB. Pas dicek ternyata isinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News