Terekam CCTV, Edy tak Bisa Mengelak Lagi

Terekam CCTV, Edy tak Bisa Mengelak Lagi
Edy mengakui perbuatannya di hadapan petugas setelah ditunjukkan rekaman CCTV. Foto: RIDHUAN/KALTIM POST

jpnn.com, BALIKPAPAN - Seorang kakek memakai peci yang tengah bertasbih seolah tak kenal takut. Dia nekat mencuri uang di kotak infak saat jamaah sedang salat di Masjid Baitul Aman yang berada di areal Markas Polres Balikpapan, Kaltim.

Edy (55), harus digiring Yanto, pengawas masjid ke ruang pemeriksaan Polres. Rekaman CCTV memperlihatkan perilakunya, Minggu (18/6) malam ketika jamaah sedang salat Tarawih.

Dalam rekaman itu, seorang pria dengan songkok, pakaian, jaket, dan celana yang sama dikenakan Edy, sedang asyik mengorek kotak infak.

"Saya diminta menangkap orang ini. Dia mencuri uang di kotak infak malam kemarin. Ini buktinya," ujar Yanto memperlihatkan rekaman CCTV di ponsel pintarnya.

Sempat terjadi keributan. Edy terus mengelak atas yang apa dituduhkan. Bahkan dia berniat kabur. Dengan berbagai alasan dia izin pamit pulang.

Namun, setelah dipaksa dan dipertemukan dengan seorang petugas, dia mengaku. Saat digeledah, di kantong sebelah kanannya ditemukan kayu yang sudah diberi getah pohon nangka.

"Modusnya dia korek uang yang ada di kotak infak. Dia setiap hari selama puasa saya perhatikan selalu duduk di belakang tempat biasa kotak infak berjalan ditaruh. Kalau sore bahkan ikut buka puasa bersama. Kadang tidur-tiduran di masjid," ucap Yanto.

Sementara Edy mengaku baru sekali melakukan perbuatan itu. Tetapi setelah dicecar, diakuinya sudah berulang kali. Alasannya untuk jajan anaknya.

Namun setelah diperiksa dia mengaku untuk makan sehari-hari. "Minta maaf Pak. Buat makan," ujar Edy dengan wajah memelas. (*/rdh/rsh/k15)


Seorang kakek memakai peci yang tengah bertasbih seolah tak kenal takut. Dia nekat mencuri uang di kotak infak saat jamaah sedang salat di Masjid


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News