Terendam Tiga Meter, 500 Warga Kampung Pulo Mengungsi

Terendam Tiga Meter, 500 Warga Kampung Pulo Mengungsi
Ilustrasi. FOTO: TMC Polda Metro Jaya

jpnn.com - KAWASAN Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur memang merupakan daerah langganan banjir. Tak terkecuali banjir kali ini. Bahkan pada Selasa (10/2),  sebanyak 529 warga Kampung Pulo mengungsi ke empat titik pengungsian menyusul meluapnya air Kali Ciliwung.

Ketinggian air di pemukiman padat penduduk itu diketahui sudah mencapai tiga meter. Ya, sejak Minggu (8/2) malam hujan tak kunjung reda hingga Selasa (10/2) pagi. Belum lagi banjir kiriman dari Bogor pada Senin (9/2) malam juga menambah ketinggian air di sana.

Camat Jatinegara, Syofian Taher menuturkan, banjir sudah menggenangi pemukiman yang berada di 58 RT dan 8 RW di Kampung Pulo. Tercatat ada 3.601 kepala keluarga (KK) atau 10.800 jiwa yang terdampak banjir. Dari ribuan jiwa itu, sebanyak 529 jiwa dilaporkan telah mengungsi ke empat titik.

Titik pengungsian itu di antara di kantor Sudin Kesehatan Jakarta Timur sebanyak 325 jiwa, RS Hermina 98 jiwa, Pos RW 03 sebanyak 35 jiwa dan Masjid At Tawabin 71 jiwa. "Kalau kemarin pengungsi hanya 356 jiwa, hari ini sudah naik menjadi 529 jiwa,” ujarnya seperti dilansir beritajakarta.com.

Dikatakan Syofian, untuk menangani korban banjir, pihaknya sudah mengerahkan 11 perahu karet ke Kampung Pulo. Sebelas perahu karet itu masing-masing berasal dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak empat unit, Polri dua unit, Kecamatan Jatinegara empat unit dan bantuan tim rescue satu unit. Sedangkan jumlah petugas yang disiagakan 100 personel. (*/mas)

KAWASAN Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur memang merupakan daerah langganan banjir. Tak terkecuali banjir kali ini.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News