Terganjal Biaya, Gloria Tak Bisa Jadi WNI

Terganjal Biaya, Gloria Tak Bisa Jadi WNI
Gloria Natapradja Hamel disambut meriah puluhan anggota Pasikbraka Depok usai kembali dari tugasnya mewakili Jawa Barat menjadi Paskibraka Nasional, Jakarta, Jumat (26/8). Sambutan meriah dengan berjabat tangan, peluk dan cium serta pemberian semangat diterima Gloria. Foto: Tumpak/Indopos Ilustrasi :

jpnn.com, JAKARTA - Masih ingat Gloria Natapradja Hamel, gadis cantik yang sempat jadi viral setelah gagal disahkan jadi Paskibraka 2016 karena masalah kewarganegaraan? Gloria baru-baru ini berupaya mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Sayangnya, keinginan itu urung terjadi lantaran proses administrasinya terlalu ribet dan mahal.

"Aku kepengin banget menyandang status WNI tapi proses naturalisasinya berliku-liku. Selain itu biayanya mahal sekali," kata Gloria dalam dialog live di salah satu TV swasta, Selasa (5/9).

Dia mengeluhkan, betapa banyak waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan status WNI. Orang tua Gloria harus membayar Rp 50 juta untuk proses naturalisasi.

"Ini sangat tidak adil, kenapa anak yang setengah Indonesia harus bayar Rp 50 juta. Sedangkan yang orang asing murni hanya bayar Rp 2,5 juta untuk jadi WNI," tuturnya.

Dia berharap proses naturalisasi tidak dibuat rumit agar anak-anak setengah Indonesia bisa mendapatkan kewarganegaraan. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News