Terima Bantuan Rp 600 Ribu, Buruh Bangunan Tersenyum Bahagia

Terima Bantuan Rp 600 Ribu, Buruh Bangunan Tersenyum Bahagia
Seorang warga tampak antre untuk mengambil dana bantuan sosial tunai (BST) di Aula Kantor Kelurahan Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat, Minggu (10/5/2020). Foto: Humas Kemensos RI

jpnn.com, BANDUNG - Suasana di Aula Kantor Kelurahan Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat pada Minggu (10/5/2020 siang tampak ramai. Terlihat warga antre untuk mengambil dana Bantuan Sosial Tunai (BST).

Kali ini, tidak seperti antrean pengambilan bantuan sosial pada umumnya. Warga mengantre duduk di bangku berjarak satu meter satu sama lain serta menggunakan masker.

Iwan (40), warga RT 005/007 Kelurahan Tanimulya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat berjalan kaki sejauh satu kilometer ke Kantor Kelurahan untuk mengambil dana BST.

“Alhamdulillah uangnya bisa saya gunakan buat kebutuhan makan sehari-hari,” kata Iwan setelah menerima BST, Minggu (10/5).

Sehari-hari Iwan adalah buruh bangunan dengan jumlah tanggungan seorang istri dan dua orang anak dalam keluarganya.

“Itu dulu sebelum wabah Covid-19. Penghasilan masih sekitar Rp700 ribu/minggu. Kini jadi tidak ada penghasilan sama sekali," ungkapnya.

Tukiman (68), warga RT 005/007 sambil senyum lega menerima dana tunai setelah mengantre beberapa lama di Aula Kantor Kelurahan. Dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), ia datang ke Aula Kantor Kelurahan Tanimulya sesuai nomor antrian yang telah ditentukan oleh PT Pos Indonesia.

“Senang sekali dapat bantuan. Satu rumah hanya saya yang kerja. Pekerjaan saya jualan makanan ringan (gorengan aci), pemasukan saya sekitar Rp 30 ribu/hari. Apalagi sedang corona. Sekarang dapat uang (bantuan) ini buat tambahan beli makanan sehari-hari," katanya.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengingatkan kepada warga agar uang bantuan digunakan sebagaimana semestinya, tidak untuk membeli rokok ataupun pulsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News