Terima Kunjungan KDT, Wamen Alue Dohong Bahas Rencana Green Toba

Terima Kunjungan KDT, Wamen Alue Dohong Bahas Rencana Green Toba
Pertemuan Wamen Alue Dohong dengan Komte Danau Toba di Manggala Wanabakti. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong menerima kunjungan dari Komite Danau Toba (KDT) di Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (7/11).

Dalam pertemuan itu, Ketua Komite Danau Toba Edison Manurung mengucapkan selamat kepada Alue karena mendapat kepercayaan menjadi Wakil Menteri di KLHK.

Selain itu, tim dari KDT juga membicarakan tentang rencana Green Toba atau penghijauan di sekitar kawasan Danau Toba.

Beberapa hal yang direncanakan oleh KDT adalah agenda penanaman pohon di sekitar kawasan Danau Toba. Rencana Green Toba ini juga dilanjutkan dengan pengelolaan sampah dan limbah di Danau Toba.

Wamen Alue menyambut baik rencana tentang Green Toba. "Sangat bagus, saya harap bukan hanya keindahan lingkungan dan hutannya yang hijau, tetapi juga kebudayaan di sana yang bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan," ungkap Alue.

Wamen Alue menerangkan, kegiatan reboisasi di daerah tangkapan air dataran atas, berguna untuk perbaikan tutupan hutan sekaligus memperindah lanskap Danau Toba.

Selanjutnya, terkait dengan isu pengelolaan sampah, Wamen Alue beranggapan bahwa pendidikan lingkungan harus dibangun. Karena hal ini berperan penting dalam penyadaran masyarakat mengelola sampahnya. Dalam hal peningkatan penyadaran masyarakat ini, Wamen Alue berharap KDT dapat menjadi motor penggerak di masyarakat.

Danau Toba menjadi salah satu dari lima destinasi wisata superprioritas pemerintah. KLHK berencana membangun instalasi pengolahan limbah, yang hasil pengolahan nanti salah satunya bisa menjadi sumber energi.

KLHK juga berencana membangun instalasi pengolahan limbah di Danau Toba, yang hasil pengolahannya nanti bisa menjadi sumber energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News