Terinspirasi Hasan Tiro, Zaini Abdullah Maju Lagi di Pilgub Aceh

Terinspirasi Hasan Tiro, Zaini Abdullah Maju Lagi di Pilgub Aceh
Calon petahana berakronim AZAN, Zaini Abdullah (kiri) sebagai calon gubernur Aceh dan wakilnya, Nasaruddin.

jpnn.com - JPNN.com BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengaku banyak yang menyarankan agar dirinya pensiun dari dunia politik. Saran itu tentu beralasan karena usianya tidak muda lagi.

“Banyak yang berkata, secara langsung pada saya, semestinya pada usia ini saya sebaiknya mundur dari hiruk pikuk dunia politik. Bukan tempatnya lagi bagi saya untuk seakan haus kekuasaan dan jabatan,” kata Zaini saat pidato deklarasi maju di Pemilihan Gubernur Aceh 2017 yang digelar di Taman Sari, Banda Aceh, Minggu (31/7). 

Usia Zaini Abdullah memang tidak muda lagi. Umurnya kini sudah 76 tahun. Namun pria kelahiran Pidie, 24 April 1940 itu kembali mencalonkan diri dengan memilih Nasaruddin sebagai pasangannya. Pasangan ini pun berakronim AZAN. 

Dia juga mengaku banyak dikritik. Namun kritikan itu diabaikan demi memperjuangkan cita-citanya dan sosok yang menginspirasinya. 

“Saya juga membaca banyak kritikan  di media dan komentar di media sosial. Sungguh saya panjatkan syukur saya terdalam, bahwa seluruh kritikan itu saya anggap anugerah dari Allah SWT, yang senantiasa memperingatkan hambanya,” katanya. 

Siapa sosok yang menginspirasinya? Zaini menyebut Tengku Muhammad Hasan Tiro, pendiri Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

“Hingga akhir usianya tetap memegang teguh prinsip dan tujuan perjuangannya. Wali Nanggroe, Tengku Muhammad Hasan Tiro sejak deklarasinya di Gunung Halimon, hingga ditandatanganinya kesepakatan damai antara GAM dan Pemerintah Indonesia di Helsinki, tidak pernah mundur dari tujuan perjuangannya, menjaga muruah dan memberikan kesejahteraan bagi rakyat Aceh,” katanya. 

“Pada saat kakinya menyentuh kembali  tanah yang dibelanya, dia bersujud dan berkata “Saya telah kembali,” lanjut Zaini. 

JPNN.com BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengaku banyak yang menyarankan agar dirinya pensiun dari dunia politik. Saran itu tentu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News