JPNN.com

Terlihat Sepele, Latihan Singkat Siang Hari Banyak Manfaatnya lho

Jumat, 13 September 2019 – 23:30 WIB Terlihat Sepele, Latihan Singkat Siang Hari Banyak Manfaatnya lho - JPNN.com

jpnn.com - Sebuah studi baru menemukan bahwa latihan singkat di siang hari bisa meningkatkan kebugaran. Untuk studi kecil ini, para peneliti merekrut mahasiswa yang sehat tetapi tidak aktif.

Setengah dari siswa melakukan tiga latihan pendek menaiki tangga beberapa kali dalam sehari. Setelah enam minggu, para siswa ini mampu meningkatkan VO2max - ukuran kebugaran kardio - sekitar 5 persen dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Pada hari-hari yang sibuk, menyisihkan banyak waktu untuk berolahraga terasa tidak realistis - bahkan mustahil. Tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa beberapa ledakan aktivitas yang menyebar sepanjang hari masih bisa meningkatkan kebugaran aerobik.

Studi kecil ini, yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas McMaster dan Universitas British Columbia Okanagan, diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism.

"Saya dan tim saya telah meneliti manfaat dari latihan singkat selama lebih dari satu dekade. Tetapi jenis studi ini sering terjadi dalam pengaturan laboratorium menggunakan sepeda stasioner," kata Martin Gibala, profesor kinesiologi di Universitas McMaster dan penulis senior studi ini, seperti dilansir laman MSN, Rabu (11/9).

"Kami semakin tertarik menerjemahkan ini dari laboratorium dan menjadikannya lebih praktis dan bisa diakses oleh orang-orang," jelas Gibala.

"Kami pikir, ya, naik tangga adalah cara yang bagus untuk menerapkan ini. Banyak dari kita bekerja di kantor atau tinggal di kompleks apartemen, sehingga tangga tersedia," tambah Gibala.

Para peneliti merekrut 24 mahasiswa yang sehat tetapi tidak aktif, dan mereka diminta untuk melaporkan kurang dari satu jam latihan terstruktur yang mereka lakukan per minggu. Setengah dari siswa secara acak ditugaskan ke kelompok kontrol, sementara yang lain mengambil rejimen latihan "makanan ringan" selama enam minggu, atau aktivitas fisik yang singkat. (Istilah "camilan olahraga" diciptakan oleh tim peneliti lain pada tahun 2014).

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...